LBH Masyarakat

MENU

Sekilas tentang LBH Masyarakat

Berangkat dari ide bahwa setiap anggota masyarakat memiliki potensi untuk turut berpartisipasi aktif mewujudkan negara hukum yang demokratis, sekelompok Advokat, aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) dan demokrasi mendirikan sebuah organisisasi masyarakat sipil nirlaba bernama Perkumpulan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Masyarakat.

Bentuk LBH Masyarakat adalah perkumpulan dengan keanggotaan terbuka. Bentuk ini melandasi semangat LBH Masyarakat untuk memfasilitasi potensi-potensi masyarakat yang ingin berkiprah dan berkontribusi dalam memberdayakan masyarakat. Namun demikian, lembaga ini mensyaratkan kepada anggota masyarakat yang ingin terlibat di dalamnya untuk terikat dan menjunjung tinggi kode etik dan nilai-nilai, terutama nilai-nilai demokrasi dan HAM serta nilai-nilai lainnya seperti anti-diskriminasi, anti Kekerasan terhadap perempuan, anti-korupsi dan sebagainya.

Visi LBH Masyarakat adalah terwujudnya partisipasi aktif dan solidaritas masyarakat dalam melakukan pembelaan dan bantuan hukum, penegakan keadilan serta pemenuhan HAM. Sementara misinya adalah mengembangkan potensi hukum yang dimiliki oleh masyarakat untuk secara mandiri dapat melakukan gerakan bantuan hukum serta penyadaran hak-hak warga negara, dari dan untuk masyakarat.

Secara ringkas, visi dan misi LBH Masyarakat akan diimplementasikan melalui program-program kerja utama, yakni;

  1. Pemberdayaan masyarakat melalui penyuluhan hukum, penyadaran hak-hak masyarakat, pendidikan hukum dan HAM, pemberian informasi mengenai hukum dan hak-hak masyarakat serta pelatihan-pelatihan bantuan hukum bagi masyarakat;
  2. Advokasi kasus dan kebijakan publik;
  3. Penelitian permasalahan publik.
Kegiatan-kegiatan LBH Masyarakat tersebut dilakukan langsung di tengah-tengah masyarakat dan melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat itu sendiri. Harapannya, dengan adanya peningkatan kesadaran hukum dan HAM masyarakat maka dapat terwujud pula suatu sistem advokasi mandiri yang dapat dilakukan oleh masyarakat di lingkungannya masing-masing.
Dengan dasar itulah maka LBH Masyarakat memberikan peluang yang seluas-luasnya bagi anggota masyarakat yang peduli akan penegakan keadilan dan HAM untuk berpartisipasi menjadi anggota di bawah naungan lembaga ini dan bersama-sama berkontirbusi untuk kepentingan publik.