Home / Berita / Dibutuhkan: Penyuluh Hukum dan HAM di 17 Kota di Indonesia

Dibutuhkan: Penyuluh Hukum dan HAM di 17 Kota di Indonesia

LBH Masyarakat membuka kesempatan bagi para mahasiswi/a hukum untuk terlibat dalam Pelatihan Hukum dan HAM di 17 kota di Indonesia, sebagai penyuluh/pemateri pelatihan.

LBH Masyarakat akan menyediakan pelatihan/pendidikan hukum dan HAM kepada kelompok marjinal dan rentan pelanggaran HAM seperti misalnya orang dengan HIV/AIDS, pemakai narkotika, pekerja seks dan waria. Pelatihan hukum dan HAM ini akan diadakan di 17 kota di Indonesia dalam kurun waktu Agustus sampai dengan Oktober, dengan materi seperti pengantar HAM, upaya paksa kepolisian, hukum acara pidana, dan sebagainya. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas hukum dan pemahaman HAM kelompok marjinal tersebut. Kegiatan ini adalah salah satu aktivitas dari program Removing Legal Barrier (RLB) yang didukung oleh Global Fund to Fight AIDS, TB and Malaria di Indonesia. Program RLB sendiri bertujuan untuk menghilangkan hambatan-hambatan hukum bagi populasi kunci HIV/AIDS (orang dengan HIV, pengguna narkotika, lelaki yang berhubungan seks dengan lelaki, waria, dan pekerja seks) agar dapat mengakses layanan kesehatan yang non-diskriminatif.

LBH Masyarakat mencari mereka yang memiliki pengetahuan di bidang hukum dan HAM untuk membantu memberikan pelatihan di 17 kota. Di dalam kegiatan ini, pemateri akan bekerja dalam tim bersama dengan staf LBH Masyarakat, bertemu dengan anggota-anggota populasi kunci HIV/AIDS, dan memberikan pelatihan hukum dan HAM dasar kepada mereka. Pemateri akan menerima honorarium dan segala akomodasi serta tiket perjalanan ke luar kota akan ditanggung oleh penyelenggara pelatihan.

Adapun syarat rekrutmen pemateri/penyuluh ini adalah sebagai berikut:

  1. Fresh graduate atau mahasiswi/a hukum tingkat akhir (diutamakan bagi mereka yang sudah tidak mengambil kuliah di kelas);
  2. Memiliki minat dan pengetahuan di bidang HAM, hukum pidana, dan hukum acara pidana;
  3. Bersedia untuk bepergian keluar kota;
  4. Komunikatif dan biasa memberikan presentasi;
  5. Berdomisili di Jabodetabek.

Pendaftaran ini dibuka dari tanggal 23 Juli sampai 29 Juli 2016. Apabila berminat, silahkan mengirimkan CV terbaru ke alamat email: awirya@lbhmasyarakat.org dan apabila lolos seleksi administrasi akan dipanggil untuk mengikuti seleksi wawancara. Pemateri yang terpilih diperkirakan akan segera memulai pelatihan pada minggu pertama bulan Agustus 2016.

Narahubung:

Albert Wirya 0819 3206 0682

About Admin Web

Check Also

Diskusi Publik UNODC dan BNN tentang Pasal 54 dan 127

Pada 6 April 2017, UNODC bekerjasama dengan BNN mengadakan diskusi publik mengenai implementasi Pasal 54 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *