Home / Tim Kami

Tim Kami

Ricky Gunawan
Direktur

Ricky menyelesaikan pendidikan hukum di Universitas Indonesia sebelum kemudian memperoleh gelar Magister of Arts dalam Human Rights in Theory and Practice dari University of Essex, Inggris. Pernah bekerja untuk YLBHI, AHRC, dan Reprieve, Ricky memang menjadikan hak asasi manusia tidak saja sebagai sebuah bidang karir, tapi sebuah renjana dalam hidup. Ia menjadi yang terakhir dari para pendiri yang masih terlibat dengan kantor.

Muhammad Afif
Koordinator Penanganan Kasus

Aktif dalam gerakan mahasiswa, Afif kemudian menyelesaikan pendidikan hukumnya di Universitas Islam Bandung. Afif melanjutkan pengabdiannya sebagai relawan LBHM hingga menjadi Koordinator Penanganan Kasus. Afif menangani kasus-kasus strategis LBHM, termasuk kasus hukuman mati.

Dominggus Christian
Staf Penanganan Kasus

Selain aktif dalam penanganan kasus anak, narkotika, dan kekerasan dalam rumah tangga, Chris – begitu ia biasa dipanggil – juga aktif terlibat dalam Koalisi Masyarakat Sipil untuk reformasi hukum pidana. Chris adalah lulusan Fakultas Hukum Universitas Pancasila.

Ma’ruf Bajammal
Staf Penanganan Kasus

Ma’ruf cukup lama menjalani masa relawan di LBHM hingga akhirnya menjadi staf penanganan kasus. Sebelumnya, ia pernah mendapatkan pelatihan hukum dan HAM dari sebuah organisasi bantuan hukum ternama di Indonesia. Kemampuan berpikir kritis dan kerja keras, yang ia tempa selama aktif di komunitas peradilan semu Fakultas Hukum Universitas Trisakti, membuat ia menjadi staf yang amat dapat diandalkan.

Riki Efendi
Staf Penanganan Kasus

Pernah mengecap pendidikan Ilmu Fisika di Universitas Indonesia. Sebelum menjadi Staf, Kiki – nama panggilannya – adalah paralegal dari komunitas yang diberdayakan secara hukum oleh LBHM. Pengalamannya dengan narkotika membuatnya memiliki pemahaman yang kontekstual yang memberikan sudut pandang yang luar biasa penting dalam penanganan kasus yang dilakukan LBHM.

Yosua Octavian
Staf Penanganan Kasus

Setelah mendapat gelar sarjana hukum dari Universitas Kristen Indonesia, Jojo – ia kerap dipanggil demikian – menjadi relawan LBHM. Sebagai staf, kini ia aktif menangani sejumlah kasus-kasus isu pelanggaran hak asasi manusia terkait isu narkotika dan hukuman mati.

Aisya Humaida
Staf Penanganan Kasus

Menulis skripsi tentang hukuman mati, Aisya memutuskan untuk bergabung bersama LBHM untuk melakukan pendampingan hukum bagi terpidana mati. Ia juga terlibat dalam pendampingan hukum kasus narkotika. Salah satu klien yang ia tangani berhasil lepas demi hukum.

Ajeng Larasati
Koordinator Program, Riset, dan Komunikasi

Ajeng meraih gelar LL.M dalam Economic, Social, Cultural Rights di University of Essex. Setelahnya, ia sempat menjadi relawan Human Rights Watch di Inggris pada tahun 2016. Ajeng banyak terlibat dalam program dan diskusi kebijakan penanggulangan HIV/AIDS dalam kerangka hak asasi manusia.

Albert Wirya Suryanata
Peneliti

Telah menjadi relawan LBHM saat masih berstatus mahasiswa Kriminologi di Universitas Indonesia, Albert saat ini memimpin program advokasi dan penelitian LBHM berkaitan dengan kesehatan jiwa. Albert juga kerap terlibat dalam penanganan kasus anak dan perempuan.

Novia Permatasari
Staf Program

Novia telah melakukan kerja bantuan hukum dan pemberdayaan sejak duduk di bangku kuliah. Saat itu ia terlibat sebagai relawan di LBHM Jember. Menjalani kerjaan dengan tulus, Novia kemudian dikirim ke LBHM Jakarta untuk menimba ilmu sebagai staf magang dan kemudian menjadi staf tetap di LBHM. Kini ia mendalami isu narkotika dan perempuan.

Hisyam Ikhtiar
Staf Program

Mantan Mahasiswa Filsafat Universitas Indonesia ini sempat menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Kajian Deadpool UI. Setelah menjadi relawan beberapa bulan, Hisyam kini menjadi staf program dan terlibat aktif dalam beberapa penelitian LBHM.

Genia Teresia
Staf Program

Genia adalah mantan mahasiswi Fakultas Hukum, Universitas Udayana. Selain mengerjakan kerja-kerja program, Genia juga terlibat dalam advokasi di isu LGBT.

Antonius Badar
Koordinator Internal

Badar memulai petualangannya di LBHM sejak mahasiswa dengan menjadi relawan dengan memberikan bantuan hukum kepada masyarakat yang miskin dan marjinal. Menyelesaikan studi hukumnya di Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta, Badar menuangkan pengalamannya dalam skripsinya tentang hukum narkotika dan hak asasi manusia. Perjalanan panjangnya di LBHM mengantarnya menjadi Koordinator Penanganan Kasus dan Pemberdayaan Masyarakat. Saat ini, ia menjadi Koordinator Internal.

Ali Mudopar
Kepala Rumah Tangga

Selain mengerjakan tugas utamanya, Dopar – panggilan akrabnya – juga berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan dan program kampanye LBHM.

Dede Khaerudin
Staf Keuangan

Mengerjakan keuangan LBHM, Dede juga kerap memberikan penyuluhan hukum di beberapa kesempatan khususnya di Rutan dan Lapas di Jakarta.

Herlina
Staf Administrasi

Selain menjalankan perkerjaan sebagai administrator, Lina – nama panggilannya – juga melibatkan diri dan berkontribusi dalam kampanye anti kekerasan terhadap perempuan.

Tengku Raka
Staf Komunikasi

Raka memulai karirnya di LBHM sebagai relawan komunikasi pada 2018. Kemampuannya yang mahir mendokumentasikan momen melalui kamera, membawa Raka dipercaya memegang dua produk rutin komunikasi LBHM, #RightsToday dan Cerita Kasus.