Home / LIGHTS (Living The Human Rights) 2016

LIGHTS (Living The Human Rights) 2016

Penegakan HAM di Indonesia dalam  implementasinya masih jauh panggang dari api. Sejumlah pelanggaran HAM itu masih kerap terjadi. Penindasan, ketidakadilan dan diskriminasi terhadap kaum minoritas menjadi contoh pelanggaran HAM yang marak sekarang ini. Belum lagi korban salah tangkap, penyiksaan oleh aparat penegak hukum hingga sulitnya masyarakat miskin untuk mendapatkan akses keadilan menambah potret buram ketidakadilan di Indonesia.

Teman-teman LGBTIQ dan pemakai narkotika, contohnya, kerap mendapat stigma negatif yang berakibat tertutupnya akses mereka terhadap kesehatan, pendidikan dan kehidupan sosial di tengah masyarakat. Belum lagi masalah penyelesaian HAM masa lalu, yaitu peristiwa 65, peristiwa Malari , Tanjung Priok, Talang Sari hingga Kerusuhan Mei 98’, yang menunggu untuk diselesaikan.

LBH Masyarakat menyadari betul pentingnya membumikan pemahaman hukum dan HAM di tengah masyarakat. Maka sejak 2008, LBH Masyarakat mempunyai sebuah program tahunan yang bernama LIVING THE HUMAN RIGHTS (LIGHTS). LIGHTS, yang pada awalnya bernama Summer Internship, adalah rangkaian kegiatan berupa pendidikan tentang hak asasi manusia bagi mahasiswi/a dengan memadukan antara pendekatan teoritis dan pendekatan empiris. Dengan demikian, diharapkan para peserta tidak hanya memahami hak asasi manusia secara teoritis tetapi juga dapat mengimplementasikan gagasan dan perspektif hak asasi manusia ke dalam kehidupan sehari-hari. Peserta akan diberikan teori-teori seputar HAM mulai dari landasan filosofis, historis hingga teori HAM terkini. Peserta LIGHTS juga kan diajak untuk bersentuhan langsung dengan komunitas-komunitas masyarakat hingga instansi-instansi pemerintah yang terkait dengan penegakan HAM. Peserta akan mendapatkan pengalaman yang berkesan dan mampu mengaplikasikan apa yang telah didapat dalam LIGHTS di tengah masyarakat.

Tempat dan Waktu Acara

Acara ini akan kami adakan dari tanggal 29 Juli – 12 Agustus 2016 dengan memusatkan kegiatan di kantor kami yang terletak di Jalan Tebet Timur Dalam VI E NO. 3A, Jakarta.

Persyaratan Peserta

Untuk peserta, kami menerima mahasiswi/a dari semua jurusan. Teman-teman mahasiswi/a dari kelompok minoritas kami dorong untuk mendaftar. Kami tidak menyediakan penginapan, makanan/minuman, dan transportasi menuju kantor. Peserta tidak dipungut biaya registrasi maupun pendidikan.

Cara Pendaftaran

Untuk mengetahui mengenai acara ini lebih lanjut, teman-teman dapat mengunduh kerangka acuan acara ini melalui tautan ini. Setelah itu, teman-teman harus mengunduh formulir pendaftaran di sini, mengisinya, kemudian mengirimkannya ke dchristian@lbhmasyarakat.org. Jangan lupa sertakan curriculum vitae kamu pada e-mail itu ya!

Pendaftaran sudah dibuka dan teman-teman bisa mendaftar paling lambat 22 Juli 2016 pukul 23.59 WIB (GMT+7). Kami akan mengumumkan peserta terpilih pada tanggal 25 Juli 2016.

Narahubung

Chris (081295872750)

Fuji (085363877857)

About Admin Web

Check Also

Rilis Pers – Pasal Narkotika Harus Ditarik Dari RKUHP

LBH Masyarakat (LBHM) menolak masuknya tindak pidana narkotika ke dalam Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *