Home / Summer Internship 2013: Mencari Generasi Baru Pejuang Hak Asasi Manusia

Summer Internship 2013: Mencari Generasi Baru Pejuang Hak Asasi Manusia

Kaum muda selalu disebut-sebut sebagai agen perubahan. Pernyataan tersebut bukanlah tanpa alasan. Sebab, sejarah menunjukkan bahwa pemudi-pemuda kerap memotori perubahan sosial dan memegang peranan penting dalam melawan pemerintahan yang korup, otoriter dan opresif.

Tumbangnya rejim Soeharto di Indonesia pada Mei 1998 juga tidak dapat dilepaskan dari peran para mahasiswa/i dari berbagai universitas. Sekalipun Indonesia kini telah menikmati alam keterbukaan, tetapi ancaman terhadap kebebasan manusia masih bermunculan.

Pelanggaran kemanusiaan terus terjadi. Upaya untuk meminggirkan yang “lain” belum berhenti. Keberagaman bukan menjadi sesuatu yang dirayakan, melainkan ditakuti. Keadilan tak lagi menjadi nilai keutamaan dalam penegakan hukum, sebab kemewahan dan kuasa politik telah menjadi mata uang para penegak hukum. Di tengah situasi seperti ini sayangnya masih banyak pemudi-pemuda yang tidak peduli dan tidak tertarik untuk turut memperbaiki situasi.

Padahal kaum muda memiliki modal yang luar biasa penting untuk mengambil bagian dari upaya perubahan sosial. Ketika kaum muda dapat bersatu menyumbangkan waktu, tenaga, dan pikirannya bagi keadaban publik, niscaya kehidupan bersama kita akan menjadi lebih baik. Mereka yang selama ini terbungkam, akan mampu bersuara; dan mereka yang dikekang, akan dapat menghirup udara kebebasan.

Sebagai sebuah lembaga bantuan hukum dan organisasi advokasi hak asasi manusia, LBH Masyarakat hendak mengajak kaum muda untuk berpartisipasi dalam upaya pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia. Melalui kesempatan Summer Internship 2013, LBH Masyarakat ingin menyebarkan gagasan bahwa semua orang mampu melakukan bantuan hukum, pemberdayaan hukum, dan perjuangan hak asasi manusia. Summer Internship 2013 dirancang khusus agar para pemudi-pemuda mendapatkan pemahaman mengenai bantuan hukum dan hak asasi manusia yang komprehensif. Harapannya, setelah mengikuti Summer Internship 2013, para peserta tergugah untuk turut berpartisipasi dalam gerakan bantuan hukum dan advokasi hak asasi manusia.

 
 
 

Jakarta, 17 Mei 2013

About Admin Web

Check Also

Rilis Pers – Pasal Narkotika Harus Ditarik Dari RKUHP

LBH Masyarakat (LBHM) menolak masuknya tindak pidana narkotika ke dalam Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *